Minggu, 27 Januari 2013

“Teknik Elektro Sebagai Katalis Pemercepat budaya dan Peradaban Moderen”


Tak kenal maka tak sayang , pepatah bijak yang menjadi awal dari tulisan saya ini namun bukan mengenal tentang diri saya tapi mengenal terlebih dahulu apa itu Teknik Elektro.?
Karena Sebelum mengenal lebih jauh dan mengkaji Teknik elektro lebih dalam dari segi peranan nya dalam kehidupan manusia, sangat perlu  kita mengetahui  apa itu teknik . Teknik atau juga dapat di katakan “Rekayasa”adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik profesional disebut insinyur atau sarjana teknik.

Teknik Elektro atau dalam bahasa Inggris nya Electrical Enginering  adalah salah satu dari bidang ilmu teknik yang membahas tentang ilmu mengenai Elektron. Yakni membahas mengenai cara-cara penggunaan elektron untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan menarik bagi kehidupan manusia .
Saya tidak dapat mengambarkan di kehidupan moderen ini betapa kita sangat membutuhkan listrik , dan sadar atau tidak sadar kita sangatlah bergantung kepada listrik , mari lihat saja di sekeliling anda saat ini , sekiranya anda membaca tulisan saya ini menggunakan laptop atau kah smartphone anda maka itu bisa ada karena jasa teknik elektro , atau mungkin di malam hari saat hardcopy dari tulisan ini di baca dan anda menggunakan Lampu listrik ? , anda tentu pula memiliki Instalasi Listrik di rumah anda . Itulah teknik elektro yang  telah tampil sebagai faktor yang sangat esensial bagi taraf kehidupan manusia .
Elektro, namun kenapa harus listrik yang tampil sebagai energi yang sampai banyak kita konsumsi sekarang ini . padahal batu bara pun energi , matahari pun energi , angin pun energi , bahkan makanan pun juga energi . dan dari sekian banyak jenis energi tersebuk kenapa harus listrik . dari pelajaran bangku kuliah saya di ajarkan ada tiga keunggulan dari listrik tersebut yakni . Pertama , Listrik adalah Jenis Energi yang pendistribusiannya lebih praktis dan dapat sangat cepat di banding dengan jenis energi yang lain . kedua , Listrik mudah untuk di bangkitkan dan juga  adalah energi yang lebih bersih dari energi lain karena tidak seperti batu bara  atau BBM yang menimbulkan sisa pembakaran yang lebih berbahaya terhadap lingkungan listrik bersih dalam penggunaan nya .dan yang ketiga yakni , listrik mudah di rubah bentuk energinya , seperti di rubah menjadi energi gerak ,cahaya ,panas, suara , dll.
sangatlah banyak lagi cabang dari teknik elektro ini seperti teknik tenaga Listrik,Teknik Elektromagnetik,Teknik Telekomunikasi ,Teknik Komputer,Teknik Elektronika,Teknik Rekayasa Sistem dan Teknik kendali . Di mana semuanya berharmoni satu sama lain dan menghasilkan suatu kerja sistem yang berkesesuaian dan dinamis  demi kebaikan kehidupan manusia.  Sehingga Tidaklah saya berlebihan jika mengatakan  bahwa teknik elektro itu  membuat hidup kita  lebih nyaman ,  lebih praktis , lebih dekat ,lebih menarik , dan lebih Berwarna . contohnya kita sebut saja pencapaian  dalam Bidang Elektronika yang telah membawa perubahan besar dalam hidup kita .
suatu fakta yang menarik bahwa perkembangan cabang  ilmu teknik yang satu ini yang padahal terbilang masih berumur muda di banding ilmu teknik lainnya telah mengantarkan kita sangat cepet  pada kehidupan kita sekarang ini ,sejak di temukannya konsep kelistrikan itu  hampir semua teknologi moderen yang diciptakan saat ini memiliki unsur teknik ke elektro an di dalam nya .
itulah mengapa saya mengangkat judul Teknik Elektro Sebagai Katalis Pemercepat Peradaban Moderen .karena sekiranya mereka yang hidup 500 tahun lalu pasti tidak dapat membayangkan arah peradaban moderen yang berkembang begitu cepat seperti saat ini . semua itu karena Peran Mereka yang di Asuh dalam Keilmuan  Elektro dimana di dalam nya menjajikan suatu konsep rekayasa elekronika yang dapat sedemikian kita buat teknologi dalam berbagai  bidang . sehingga mereka  semakin berlomba-lomba menibulkan ide inovasi tentang suatu teknologi inovasi yang mana perlombaan tersebut secara tidak sadar dengan  sangat cepat”  mengantarkan kita kepada peradaban super teknologi moderen seperti saat ini.
teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebagai  anakan dari teknik elektro . merupakan contoh teknologi yang paling berkembang sangat cepat saat ini . di mulai dari teknologi  telepon  , broadcasting TV/radio , Internet  , semuanya berkembang dengan luar biasa pesatnya dan membawa kita kepada jaman  globalisasi dengan segala hitam dan putih jaman ini . menjadikan jarak buakan lagi masalah . membuka mata kita tentang dunia bukan lagi lewat tulisan namun langsung dapat kita lihat gambar serta betuknya , membuat kita lebih tau  bahkan terkadang menjadi sok tau .   Lihat lah dinamika kehidupan sosial sekarang , Informasi beredar dengan sangat cepat nya , dalam hitungan detik saja si A dapat lansung mengirim info ke si B bahkan juga langsung ke si C,D dan E .
 kita berbicara mengenai hal penting disini . yakni bagaimana teknologi elektro mendorong suatu peradaban manusia yan baru  dan yang moderen dengan segala kontent baru didalam nya sehingga menghadirkan pola tindak baru , Mindset baru  ,proses sosial yang baru , dan serta kebudayaan yang baru  dalam kehidupan masyarakat dunia .
Dia(teknik elektro) menawarkan sebuah konsep baru tentang bagaimana cara kita terhubung satu sama lain,  berkomunikasi   ,mendapatkan  informasi, memberi informasi , mengolah daya  ,bahkan juga tentang cara kita menyelesaikan segala sesuatunya .
Sangat ingin saya katakan tentang bagaimana teknologi itu sendiri mengajarkan suatu penyelesaian praktis  terhadap suatu masalah ,dan tentu saja saya juga berbicara tentang kami para mahasiswa yang dengan teknologi itu sendiri menjadikan kebudayaan “copy-Paste” sebagai penyelesaian dari kebanyakan tugas-tugas kami . Memang bukanlah suatu yang baik karena melihat para mahasiswa yang akhirnya menjadi malas untuk membaca sehingga kurang nya proses pemahaman yang sebenarnya merupakan inti dari pemberian tugas itu sendiri , namun disinilah salah satu titik contoh nyata tentang peradaban moderen yang saya katakan tadi . yakni bagaimana manusia dirubah kebudayaan dan mindset nya tentang apa yang mesti dan tak mesti kita lakukan kemudian di era ini menjadi sangat blur . dan prosesnya sangat cepat untuk sampai ke sini , sangat sangat  menarik saya diceitakan Oleh ayah saya tentang bahagaimana cara dia kuliah dulu ,mengerjakan tugas-tugas nya dengan cara lama dimana dia harus keliling kesana kemari mencari buku-buku referensi dari suatu perpustakaan ke perpustakaan lain , toko buku satu ke toko buku yanglain demi hanya mengerjakan  suatu makalah atau tugas yang di berikan oleh dosen nya . tapi saya yang menjadi anak nya sekarang tidak begitu sulit bagi saya juga tidak perlu harus berkeliaran kesana kemari di perpustakaan hanya untuk sekedar mencari referensi buku untuk bahan tulisan saya , dengan bermodalkan laptop dan jaringan internet saya surf ke google maka apa yang saya ingin ketahui dapat saya ketahui dengan cepat .
tidakkah sangat terlihat perbedaan nya ,?? Tidak kah perbedaan itu sangat cepat terjadinya ?? antara jaman ayah saya dan saya . ini sangat cepat jika anda tanya saya .

Inilah yang saya maksudkan dalam judul saya, dimana teknologi dalam Bidang Teknik elekto yang berkembang dengan cepat pada tahun-tahun belakangan ini telah membawa kita semua kepada cara-cara baru dan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari kita yang mungkin kita anggap biasa saja . akan tetapi ini lah yang saya sebut di sebut dengan budaya peradaban moderen.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar